Sabtu, 31 Maret 2012



1.     
Resensi Buku
Biodata buku :
a.       Jumlah halaman : 161 halaman
b.      Harga : Rp. 7.000,00 ( harga bekas )
c.       Ketebalan buku : 1 (satu ) cm
d.      Pengarang :  Udo Yamin Efendi Majdi
e.       Penerbit :
PUSTAKA UMAT
Jl. Cibolerang No.43 Margasuka Bandung 40255
Phone/Fax : +62-22-5400843
Cetakan Pertama, Muharram 1423 H / Maret 2002 M
2.      Buku Pengarang : “ Bara Musa : di taman terpasung 
Buku yang lain : “ Hikmah , “ Negeri Seribu Menara .
Temanya : Berseri Kehidupan Mesir
3.      Ringkasan ( Sinopsis )
1.      Generasi Musa
Dikisahkan seseorang anak asal Indonesia yang bersekolah di mesir cairo melupakan atau lalai dari tujuan ia datang ke Mesir
2.      Taman Terpasung
Menceritakan kehidupan penjara Mesir yang katanya paling tua peradaban, tapi dalam penangkapan tanpa prosedur yang jelas,tidak tahu mana yang mereka gunakan, azas praduga tidak bersalah atau pembuktian terbalik dan sewenang” menghakimi orang yang tak bersalah.
3.      Mereka Pun Manusia
Secara tidak sadar manusia tidak peduli terhadap keadaan dilingkungan luar, walaupun tetengga sekitarnya. Masih memandang rendah terhadap seseorang yang dibawahnya.
4.      Boneka dalam Mesjid
Ulama yang seharusnya sebagai sayap untuk membawa umatnya terbang meunju Allah kini sedang patah. Kata-kata mereka tidak bias menyentuh sanubari umat. Kalaupun ada jumlahnya hanya sedikit dan setiap ulama yang bias menyentuh hati umat justru diasingkan dan diganti dengan boneka-boneka pemerintah yang tak bisa melakukan apapun. Sedangkan pemerintah sebagai kaki tempat  berdirinya keadilan dan kesejahteraan, sekarang sedang lumpuh. Merekan hanya diam di kursi roda kekuasaannya.
5.      Nyanyian Burung di Pucuk Kurma
Ketakberdayaan peradaban manusia, Tidak bebasnya hati nurani untuk memilih karena ketentuan adat yang berlaku. Salah satu contohnya seorang perempuan mesir yang salah satu korban adat mesir yang menetapkan persyaratan pernikahan yang tinggi. Padahal dalam ajara islam mengutamakan kemudahan.
6.      Tiga Bidadari
Keluarga yang harmonis dan dimana  istri yang lapang dada yang menyuruh suaminya menikah lagi.
7.      Kupinang Engkau dalam Mimpi
Seorang anak yang bernama david kehilangan tiket pesawat keberangkatannya untuk acara khitbahnya. Ia sampai kepikiran dan untuk bilang membatalkan kepada orang tuanya terhadap acara khitbanya nanti. Sehingga terbawa ke dalam mimpi, dalam mimpinya ia melamar seorang gadis teman ayahnya. Disaat mimpinya ia terbangunkan oleh seorang temannya dodi yang memberitahu dia bahwasannya pesawat ia yang akan ditumpangi meledak. Dibalik itu semua Allah telah memberikan sebuah rahasia. Kita seolah-olah tidak meyakini akan taqdir Allah SWT.
8.      Lalat
Seorang anak yang memegang teguh nasehat dari orang tuanya. Kita harus tabiat menjadi kumbang, meskipun ditempat yang kotor, ia tetap mendatangi bunga untuk menghisap madu. Sebaliknya lalat, walaupun ia di taman, ia tetap akan mencari tempat yang kotor.
Maksudnya kita harus bisa memeilih tempat yang baik untuk menjadi karakter yang lebih baik.
9.      e-mail buat Prabu
Seorang sahabat pesantren yang memiliki pemikiran yang sama tentang keadaan demokrasi di Indonesia. Mereka berpikiran mendukung seorang pemimpin yaitu perempuan. Namun ia sadar semua pikiran itu salah ketika melakukan riset di Mesir tentang pelaksanaan demokrasi timur tengah. Pradigma yang sekarang dibangun tidak setuju wanita menjadi pemimpin Negara. Karena khwatir adzab Allah akan menimpa bangsa kita.
10.  Balada Anak Gaul
Menceritakan satu kelompok geng yang berkebalikan terhadap ajaran islam. Seorang anggotanya bernama sofyan ingin keluar bermaksud untuk menjauhi semua aturan dari gengnya. Ia melakukan perubahan terhadap kelompok gengnya yang dilandasi aturan islam.


Intisari buku ini :
Buku Bara Musa di Taman Terpasung penuh semangat ‘pemberontakan’ terhadap kesenjangan dan ketidakadilan. Latar kehidupan negeri yang katanya paling tua peradabannya masih jauh dari nilai ajaran aturan islam yang diterapkan. Symbol dan karakter Fira’un telah menjadi wabah yang sangat membahayakan.

4.      Pertimbangan buku :
v  Kelebihan
Buku ini tidak hanya sebuah kumpulan cerpen, tapi lebih dari itu potret buram di dalamnya kaya akan mutiara, sangat kaya akan nasihat. Setiap ungkapannya bernas. Penuh semangat juang dan cita-cita yang sangat membara.
v  Kekurangan
Cover depannya kurang menarik.
 

5.      Buku ini cocok untuk :
1.     
Nama    :  Deni Firmansyah
NIM       :  1111C1014
Jurusan :  S1 Analis Medis
Tugas    : Bahasa Indonesia
Siswa-siswi SMP dan SMA
2.      Mahasiswa
Untuk masyarakat umum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar